kelompok 1
1. Muhamad Hafizd= Berilah contoh kasus pengambilan keputusan secara politis-perilaku?
Jawaban : Seorang manajer di suatu perusahaan mendengarkan terlebih dahulu masukan dari bawahan dan mempertimbangkannya untuk mengambil suatu keputusan di perusahaan
2. Emiliana Sari = Apakah yang dimaksud strategi dan mengapa setiap perusahaan perlu menerapkan suatu strategi?
Jawaban :Strategi merupakan sejumlah tindakan yang terintegrasi dan tekoordinasi yang diambil untuk mendayagunakan kompetensi inti serta memperoleh keunggulan bersaing. Perusahaan perlu menerapkan suatu strategi dalam menjalankan bisnisnya agar dapat mendapat daya saing strategi dan memproleh laba tertinggi.
3. Umi Hanifah = Kapan waktu yang tepat untuk melakukan sebuah evaluasi strategi? Apakah saat kinerja perusahaan berada di puncak kejayaan atau ketika perusahaan mengalami penurunan atau yg bagaimana?
Jawaban :Evaluasi terhadap strategi tidak hanya dilakukan saat kinerja Perusahaan berada di puncak kejayaan, akan tetapi bisa juga dilakukan saat kondisi perusahaan dalam keadaan steady atau stagnan dalam beberapa periode. Dan juga, Evaluasi harus selalu dilakukan ketika ada perubahan dalam faktor eksternal maupun faktor internal perusahaan.
4.Irma Meiliana Sari = Bagaimana hubungan antara SWOT analysis dengan strategi perusahaan?
Jawaban :
Korelasi antara SWOT dan strategi perusahaan yaitu, Strategi perusahaan dirancang berdasarkan jalan pikiran perusahaan, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar -besarnya dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman yang diterapkan melalui pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada berdasarkan kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada.
kelompok 2
Apa Pengertian Total Quality Management (TQM) dalam unsur-unsur manajemen strategi ? (NADYA TIARA YUNITA)
Jawabannya: Definisi TQM (Total Quality Management) adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. Secara sederhana, TQM dalam bisnis bisa dijelaskan sebagai sebuah upaya untuk mengajak seluruh anggotanya agar selalu berupaya meningkatkan kualitas dalam seluruh proses bisnis yang dijalankan.
Apa Prinsip TQM Dalam Bisnis ? (THEO WAHYU SRIRAMA)
Jawabannya: fokus pada pelanggan, mengedepankan mutu,satu visi misi, berdasarkan fakta, penigkatan kualitas berkelanjutan
Apa manfaat TQM dalam strategi manajemen ? (CARINA OKTOVIA)
Jawabannya: Manfaat TQM bagi institusi adalah:
Terdapat perubahan kualitas produk dan pelayanan ,Staf lebih termotivasi, Produktifitas meningkat ,Biaya turun ,Produkcacat berkurang,Permasalahan dapat diselesaikan dengan cepat.
Manfaat TQM bagi staf Organisasi adalah:
Pemberdayaan
Lebih terlatih dan berkemampuan
Lebih dihargai dan diakui
Apa Visi Dan Misi Unsur-Unsur strategi manajemen ? (M. IRSANDY TANDIA BHUANA NATA)
Jawabannya : Perencanaan strategi dengan unsur-unsurnya yang terdiri dari visi, misi, tujuan dan strategi utama organisasi. Setiap organisasi mempunyai tujuan dan alasan yang unik untuk keberadaannya.
Ada 4 Proses perumusan Visi yaitu
1.Tentukan rentang waktu dan lingkup analisis secara tepat.
2.Identifikasi trend sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang akan mempengaruhi masa depan
3.Identifikasi kondisi persaingan
4.Evaluasi sumber daya dan kapabilitas internal.
Adapun MISI yang ingin dicapai oleh suatu Perusahaan
Publik atau pengguna jasa yang hendak dilayani
Jasa utama yang ditawarkan
Wilayah geografis yang dilayani
Komitmen organisasi terhadap pilihan teknologi
Komitmen organisasi terhadap alternative tujuan
Elemen kunci dalam filosofi organisasi
Konsep kedirian dan citra organisasi
Apa Perencanaan Strategi manajemen ? (AJHI SUGIARTO)
Jawabannya: Kegiatan pokok perencanaan strategis terdiri dari 4 (empat) elemen pokok:
1. Environmental scanning (Adaptasi terhadap lingkungan )
2. Strategi formulation (Formulasi Strategi)
3. Strategi implementation (pelaksanaan Strategi)
4. Evaluation dan control (Telaah dan Pengawasan)
kelompok 3.
1.(Monica Noreen): Mengapa fungsi dan peran pemimpin sangat penting dalam manajemen strategi?
Jawab: karena fungsi dan peran pemimpin dapat menentukan arah dan tujuan dari suatu organisasi agar dapat berjalan dengan visi misi.
2.Bagaimana caranya agar pemimpin mampu menciptakan antisipasi dalam pencegahan masalah yg akan terjadi saat nanti/ suatu saat nanti ?( Hasti Istifara)
Jawab: Sebuah perusahaan dalam skala besar ataupun kecil pastinya memiliki beragam masalah di dalamnya. Tidak hanya soal masalah seputar kinerja karyawan saja, akan tetapi cenderung lebih kompleks mulai dari gaya kepemimpinan atasan kurang baik, kinerja karyawan kurang maksimal, ditambah lagi masih banyak bentuk kendala antar karyawan.
Metode Rujuk
Pertama ada metode rujuk dimana dilakukan oleh pihak bersengketa kemudian bisa jadi sebuah pendekatan dan hasrat untuk kembali bekerja sama hingga menjalankan sebuah hubungan baik demi kepentingan bersama
Persuasi
Metode persuasi juga bisa dilakukan untuk memberi perubahan posisi dari pihak lainnya.
Metode Pemecahan Masalah Terpadu
Ada solusi lainnya bisa dengan mudah diterapkan untuk memberi sistem manajemen konflik lebih baik, yakni menggunakan metode pemecahan masalah terpadu.
Tawar Menawar
Metode tawar menawar juga masih saja jadi solusi terbaik untuk meredakan konflik internal ataupun eksternal di sebuah perusahaan.
Penarikan Diri
Salah satu manajemen konflik yang sekarang kerap dilakukan adalah salah satu atau kedua pihak saling menarik diri dari hubungan.
Konsultasi
Solusi lain agar sebuah konflik di dalam perusahaan bisa teratasi adalah konsultasi dimana tujuannya sendiri digunakan untuk memperbaiki hubungan antar kedua belah pihak.
Dari solusi manajemen konflik tersebut masih diperlukan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengatasi sebuah masalah.
3. Bagaimana cara agar seorang pemimpin dapat menjadi komunikator yang efektif (Santika Dewi
Jawaban:
1. Untuk menjadi pemimpin yang dapat mendengar dengan baik maka yang harus dilakukan seorang pemimpin adalah berbicara hanya untuk membuat orang lain mengerti dan dapat bertindak sesuai apa yang telah disampaikan
2. Tidak selalu berargumen hanya untuk mempertahankan posisi.
3. Memberi kesempatan kepada pihak yang akan menyuarakan pendapatnya.
4. Ketika mendengarkan pendapat pihak lain, bertanyalah untuk menggali lagi informasi lebih dalam karena tidak semua hal dapat disampaikan.
5. Sebagai orang yang berada pada strata teratas, pemimpin tidak diperkenankan untuk menyela pembicaraan pihak lain, jika hal itu dilakukan sama saja dengan merendahkan pihak lain tersebut.
6.Ketika berargumen dengan seseorang yang awalnya adalah competitor dalam kampanye, sebaiknya dihadapi dengan sabar, tidak emosi dan hati-hati dalam menjawab.
4.Efek apa saja yang akan dirasakan apabila fungsi kepemimpinan tidak dijalankan tidak semestinya? ( rima solihat)
Jawaban:
Hal-hal yang akan dirasakan apabila fungsi kepemimpinan tidak dijalankan dengan semestinya, yakni:
1. Semua visi & misi yang dirancang sejak awal tidak akan berjalan.
2. Semua target perusahaan tidak akan terwujud sesuai harapan.
3. Menyebabkan munculnya konflik-konflik antara pemimpin dan karyawan.
4. Menurunkan semangat kerja para karyawan.
5.Strategi apa yang akan dilakukan para karyawan jika pemimpin tidak memimpin dengan baik? (Ramadhani)
Jawab:
1.Belajar menetapkan batas-batas yang super tegas. Jangan biarkan posisinya mengintimidasi.Sehingga, dengan secara sadar dan proaktif membuat batas, karyawan dapat mengendalikan situasi.
2.Dengan cara memperlihatkan dan membuktikan dirinya (pemimpin) fleksibel, kompeten, dan disiplin saat berada dalam komunikasi pekerjaan
3.Bagikan informasi yang dibutuhkan sang pimpinan ini untuk tumbuh menjadi perannya, dan kita (karyawan) akan menjadi sekutu dan orang kepercayaannya
kelompok 4.
1. bagaimana perkembangan perusahaan indonesia dalam mengatur strategi manajemennya untuk memajukan perusahaan sehingga dapat menguntungkan perekonomian indonesia. (Annisa Nurulita)
Jawab : Saat ini pemerintah Indonesia pun telah memunculkan strategi yang membuka jalan menuju Indonesia 4.0. Jika dikaitkan dengan perusahaan, peta strategi yang dikeluarkan ini digadang-gadang sebagai solusi untuk mempercepat pengembangan industri nasional di era digital ini. Berdasarkan peta yang dikeluarkan oleh pemerintah, berikut strategi yang bisa dilakukan perusahaan di era revolusi industri 4.0.
1. Perbaikan alur barang dan material.
2. Peningkatan kualitas SDM.
3. Penggunaan tekhnologi digital.
4. Harmonisasi aturan dan kebijakan.
5. Menarik minat investor asing.
6. Perluas jaringan bisnis.
2. Berikan contoh pelaksaan poac pada suatu prusahaan ( hafielda nur fadjriani)
Jawab:
Disini saya akan menguraikan tentang contoh penerapan fungsi POAC di Perusahaan CV. BUMI SARI MEKAR SEJAHTERA (CV. BSMS) yang bertempat di Sumatera Barat. Perusahaan ini bergerak di bidang Pembudidayaan Ikan Lele.
1. Planning (Perencanaan)
Planning adalah langkah utama dan paling penting dalam sebuah Manajemen. Fungsinya untuk menyusun dan Mengidentifikasi segala faktor pergerakan usaha, mulai dari penyusunan strategi pemasaran, target pasar, pengiklanan, perumusan perkembangan hingga risiko yang memungkinkan, dan pada CV. BSMS, Perencanaan kegiatan telah disusun.
Berikut ini adalah Planning yang akan diluncurkan oleh CV. BSMS :
A. Menentukan Lokasi Usaha
Pertama-tama adalah mencari, memilah dan menyeleksi lokasi usaha, yaitu tempat yang cocok untuk lokasi kolam sebagai wadah penampungan ikan lele. Bibit yang telah dibeli nantinya akan dimasukkan ke beberapa kolam secara merata.
Jenis ikan lele yang paling banyak dibudidayakan adalah lele lokal, dumbo, Sangkuriang, phyton dan mutiara, namun CV. BSMS hanya membudidayakan Lele Lokal saja.
Lokasi yang akan diseleksi tentunya adalah wilayah yang strategis, padat warga dan tidak terlalu banyak kompetitor, tapi minat masyarakat dan permintaan ikan lele tetap tinggi. Untuk itu, penentuan wilayah akan diperhatikan dengan baik melalui mufakat/musyawarah bersama seluruh lapisan divisi usaha.
B. Bibit
Bibit Ikan Lele nantinya akan didatangkan dari berbagai daerah di seluruh Sumatera Barat dan Riau, sembari mengadakan kerja sama bisnis dalam bidang yang sama. Sementara itu, pihak Marketing akan menyeleksi tiap-tiap Badan Usaha yang sebelumnya dikirimi penawaran maupun yang datang menawarkan kerja sama dengan CV. BSMS.
Kerja sama ini akan menghasilkan beberapa keputusan, antara lain harga bibit ikan lele/ekor, jumlah pembelian, transportasi, tutorial pembudidayaan hingga transaksi jual-beli nya.
C. Perawatan/Pembudidayaan
Orang atau kelompok yang bertugas merawat dan membudidayakan bibit tersebut akan ditunjuk saat musyawarah pertama. Tanggung jawab didalamnya mencakup pemberian makan, pemantauan perkembangan kesehatan, pembersihan kolam hingga perawatan segala aspek pembudidayaan.
D. Pemasaran/Marketing
Tugas Marketing yaitu melakukan pembelian bibit, mencari para pemasok/distributor, melakukan pemasaran dan Mendapatkan Pelanggan yang setia. Disamping itu, dia juga bertugas untuk memantau perkembangan kompetitor atau pesaing yang ada.
E. Target Panen dan Penjualan
Setelah Ikan Lele berstatus Siap Jual, Marketing akan kembali menghubungi para distributor dan Calon Pembeli lewat kerjasama yang terjalin di awal, juga melakukan penjualan langsung maupun tidak langsung di pasar bebas dan secara online di media sosial atau website.
2. Organizing (Pengorganisasian)
Organizing merupakan struktur organisasi yang terdapat dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya Organizing, seluruh aspek kerja dalam perusahaan akan berjalan teratur dan terstruktur dengan baik. Setiap orang punya posisi dan jabatannya masing-masing.
Di CV. BSMS sendiri, Struktur organisasi dibagi atas beberapa divisi/bagian, yaitu Kepala, Bendahara, Sekretaris, Sales Marketing, Humas dan Perawat.
Tugas-tugas mereka adalah sebagai berikut:
A. Kepala
Memutuskan dan menetapkan segala bentuk peraturan kebijakan tertinggi yang berlaku di perusahaan
Bertanggung jawab atas kerugian maupun keuntungan yang diraih perusahaan
Merencanakan dan mengembangkan segala bentuk sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran dari kekayaan usaha
Sebagai perwakilan tertinggi dalam menjalin hubungan dengan dunia di luar usaha
Menetapkan dan menentukan segala strategi demi mewujudkan visi-misi perusahaan
Yang paling Berhak menerima dan memberhentikan karyawan
B. Bendahara
Mengelola seluruh kegiatan yang mencakup persoalan keuangan perusahaan
Menginput pemasukan dan pengeluaran perusahaan pada tiap-tiap periode tertentu
Membuat jurnal keuangan, laba-rugi, neraca saldo dan lain-lain.
Menyusun budget perusahaan per periode.
C. Sekretaris
Sekretaris bertugas untuk menyusun segala jadwal rapat dan pertemuan kerjasama, mencatat hasil kesepakatan, dan pengumpulan data segala elemen yang terkait dengan usaha.
D. Marketing/Promosi
Pemasaran bertugas melakukan segala kegiatan promosi. Nantinya, pemasaran dibagi menjadi dua bagian yaitu, Sales Marketer dan Internet Marketer.
Sales Marketer akan melakukan pemasaran secara langsung, dalam artian berhadapan dengan calon pelanggan di pasar tradisional, pasar umum dan pasar lainnya.
Sedangkan Internet Marketer bertugas melakukan promosi usaha via online, yakni melalui Website/Blog dan Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan WhatsApp.
E. Humas
Humas (Hubungan Masyarakat) adalah suatu bagian dari organisasi yang berfungsi melakukan interaksi, hubungan dan kerjasama dengan masyarakat setempat, terkait dengan usaha yang dimiliki.
F. Perawat/Pengelola bibit
Peeawat akan diberi tugas mengelola, memberi makan, membersihkan kolam ikan dan menjaga serta memantau kesehatan bibit ikan sejak dimasukkan hingga nantinya ikan tersebut siap untuk dijual.
3. Actuating (Pengarahan)
Actuating adalah kegiatan seorang pemimpin dalam mengarahkan dan memberi suntikan semangat serta motivasi kepada bawahan, agar mampu untuk selalu bekerja dengan efektif, disiplin dan bertanggung jawab.
Pada CV. BSMS ini, peran pemimpin (kepala) sangat besar. Segala kendali dari dalam dan luar dipegang penuh olehnya. Untuk itu, ada beberapa aturan tetap yang diterapkan di CV ini, yakni sebagai berikut:
Tidak boleh datang terlambat. Jika memungkinkan, kabarkan terpebih dahulu dan sampaikan alasan yang jelas
Setiap orang di CV ini harus saling menghormati satu sama lain
Saling menghargai antar jabatan
Tidak diperbolehkan adanya SARA, Rasis dan Pelecehan dalam bentuk apapun.
Aturan diatas dibuat agar setiap orang bisa bekerja dan memperlakukan sesama dengan sopan, ramah, adil dan saling menghargai.
4. Controlling (Pengendalian)
Controlling merupakan kegiatan pengendalian dan pengawasan pada seluruh aspek dan elemen dalam perusahaan. Dengan adanya Controlling ini, sistem kerja dan tanggung jawab akan lebih berjalan dengan semestinya.
Di CV. BSMS, yang ditugaskan khusus adalah Kepala, namun pengawasan hanya berbatas secara garis besar saja, sedangkan rinciannya kembali kepada seluruh anggota lagi, yang ikut berpartisipasi dalam menjaga, melindungi dan merawat seluruh peralatan kerja.
Beda hal nya dengan perusahaan-perusahaan seperti Ekstraktif atau Industri skala besar, yang pastinya terdapat Kp. Asisten, Asisten Manager, Mandor dan sebagainya, yang diberitugaskan mengawasi para bawahan (karyawan).
Kesimpulan
Fungsi POAC di sebuah Perusahaan memang sangat besar manfaatnya, penerapan yang baik dan sesuai akan mempermudah jalan sebuah perusahaan untuk mewujudkan visi dan misi yang ditetapkan.
Contoh Penerapan POAC di CV. BSMS ini merupakan langkah awal kesuksesan bisnis di masa mendatang. Meskipun akan banyak dijumpai risiko dan rintangan, namun dengan metode ini setidaknya Mampu meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan-kesalahan kecil maupun besar.
3. Bagaimana pendapat anda jika di suatu perusahaan tidak dapat menjalankan visi dan misinya dengan baik adakah dampak yang di timbulkan? (Desy Rachmawati)
Jawab : Visi misi merupakan landasan dasar bagi perusahaan jadi jika sebuah perusahan tidak dapat menjalankan visi misinya dengan baik maka perusahan tersebut tidak akan stabil dann dampaknya perusahaan tersebut tidak dapat mencapai tujuan yang perusahaan tersebut inginkan
4. Apakah manajemen strategi yg baik merupakan satu-satunya faktor terbesar kesuksesan perusahaan?
(Muh. Yusuf Ayub)
Manajemen strategi yang baik bukan merupakan satu satunya faktor terbesar kesuksesan perusahaan.
Ada beberapa faktor dibawah ini :
1. Selalu lihat kesempatan Inovasi
2. Memiliki Rencana bisnis
3. tingkatkan kualitas
4. Manajemen prosuksi dengan biaya rendah
5. Strategi pemasaran
6. Memperhatikan Konsumen.
7. Laporan kEuangan
5. Jelaskan salah satu definisi manajemen strategi menurut para ahli ? ( EPRIZAL EKA WAHYUDY )
Jawab : Menurut Wiliam F. Gluech (1998)
Manajemen Strategis adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada perumusan strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai tujuan perusahaan.
Kelompok 5.
1. Apa perbedaan formulasi strategi dan implementasi strategi? (Amalia Varamitha S)
2. Sebutkan Arti Penting Analisis lingkungan menejemen strategi?(Gustafo Ariandi)
3. Sebutkan kelebihan dari formulasi strategi bisnis? (Mira Watul Fatihah)
4. Sebutkan tiga hal yang mencakup evaluasi strategi? dan mengapa evaluasi strategi sangat di perlukan?(Farhan Nizam Firdaus)
5. Sebutkan dan jelaskan strategi terbaik dalam mengembangkan strategi bisnis?(Syifa Ardiansyah)
JAWAB:
1. Sebutkan Arti Penting Analisis lingkungan menejemen strategi?
Jawab :
Dalam merumuskan strategi, maka terlebih dahulu harus melakukan anilisis lingkungan dengan maksud untuk menyesuaikan keunggulan dan kelemahana yang dimiliki perusahaan. Analisa lingkungan dalam arti suatu proses yang digunakan perencana-perencana strategi untuk memantau lingkungan dalam memantau peluang dan ancaman sangat penting dilakukan karena :
Pembuat strategi dapat mengantisipasi setiap kesempatan dan membantu mengembangan system pemecahan sedini mungkin terhadap faktor-faktor yang dianggap mengancam tujuan perusahaan
Mengefektifkan proses manajemen strategi, karena dengan melakukan analisis lingkungan akan memperoleh hasil yang efektif
2. Apa yang di maksud formulasi strategi?
formula strategi adalah menciptakan visi atau tujuan yang ingin di capai
3. Apa yang di maksud implementasi?
implementasi adalah sebuah misi atau rencana tindakan sebuah organisasi yang harus dijalankan agar tercapainya sebuah visi
4. Sebutkan tiga hal yang mencakup evaluasi strategi? dan mengapa evaluasi strategi sangat di perlukan?
- Mereview faktor internal dan eksternal yang menjadi dasar bagi strategi yang sedang berlangsung,
- Mengukur kinerja yang telah dilakukan, dan
-Mengambil berbagai tindakan perbaikan.
5. Sebutkan dan jelaskan strategi terbaik dalam mengembangkan strategi bisnis?
- Manajemen Strategi Yang Berorientasi Pada Product Leadership (keunggulan produk)
Perusahaan yang mengunakan Manajemen Strategi ini selalu berupaya menciptakan produk-produk dengan kualitas premium, dan selalu one step ahead dibanding produk kompetitor. Mereka tak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk terciptanya produk yang berkualitas.
- Manajemen Strategi Yang Berorientasi Pada Operational Excellence (keunggulan operasional)
Dalam Manajemen Strategi ini yang paling utama adalah membangun proses bisnis yang efektif & efisien. Sehingga dengan proses bisnis yang efektif & efisiensi ini, mereka mampu menekan biaya produksi, sehingga dengan Manajemen Strategi ini mereka mampu menjual produknya dengan harga yang lebih kompetitif dibanding kompetitor - kompetitornya.
- Manajemen Strategi yang berorientasi pada customer intimacy (Keakraban / Keintiman dengan pelanggan)
Yang paling utama dalam Manajemen Strategi ini adalah membangun hubungan yang akrap/intim dengan semua pelanggannya sehingga akan membentuk mitra bisnis/ relasi yang langgeng dan berkelanjutan.
Kelompok 6
Faqih : Evaluasi dan pengawasan strategi merupakan tahap terakhir di dalam proses strategi.
Pada dasarnya evaluasi strategi mencakup 3 hal, yaitu:
1. Mereview faktor internal dan eksternal yang menjadi dasar bagi strategi yang
sedang berlangsung,
2. Mengukur kinerja yang telah dilakukan, dan
3. Mengambil berbagai tindakan perbaikan.
strategi sangat diperlukan sebab keberhasilan perusahaan dewasa ini tidak menjadi jaminan keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang.
Ijul : 1.menjadi objektif. Angan-angan sendiri tidak memiliki tempat di dalam bangunan sebuah bisnis.
2.Membuat sederhana dan terfokus.
3.Fokus pada pasar yang menguntungkan.
4.Mengembangkan rencana pemasaran.
5.Memanajemen tenaga kerja secara efektif.
6.Membuat catatan keuangan yang jelas.
7.Tidak pernah menghambur-hamburkan kas.
8.Menghindari perangkap yang berulang-ulang dari pertumbuhan yang cepat.
9.Mengerti seluruh fase bisnis.
10.Merencanakan ke depan.
Tika : Divisi perusahaan dikatakan memperoleh sinergi apabila ROI dari setiap divisiperusahaan tersebut lebih besar daripada ROI ketika divisi-divisi tersebut terpisah
sebagai unit bisnis yang mandiri. Proses akuisisi ataupun penambahan lini produksering dijadikan alasan untuk mendapatkan keunggulan dalam fungsional tertentudalam suatu perusahaan.
Ilham revisi : Perusahaan mampu menetapkan atau merumuskan tujuan perusahaan tahunan (annual objective of the business), memikirkan dan merumuskan kebijakan, memotivasi karyawan serta mengalokasikan sumber dan manajer untuk menempatkan strategi yang telah formulasikan menjadi tindakan nyata.
Pertanyaan Alfarabi : Bagaimana caranya mencari pasar yg menguntungkan bagi strategi bisnis yg sedang kita jalan kan?
Jawaban : 1. Menganalisis produk yg kita buat dimana seharusnya produk itu dipasarkan.
2. Membuat analis swot.
3. Menganalisis produk pesaing.
4. Fokus pada menemukan keinginan dan kebutuhan kelompok pelanggan
kelompk 7
1. Menurut anda gaya kepemimpinan seperti apa yg relevan dipakai diperusahaan ? Dalam gaya kepemimpinan yang demokratis membutuhkan banyak motivasi, kolaborasi antara pemimpin dan bawahan serta adanya kerja sama.
Pemimpin yang demikian cenderung mengakomodasi berbagai ide dan para anggota dan membuka ruang seluas-luasnya untuk setiap inovasi dan gagasan yang ada untuk kepentingan kelompok sehingga rasa keadilan pun terakomodisi di dalamnya.
Namun demikian, dalam pencapaian target, gaya kepemimpinan ini termasuk yang lambat dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan karena perlu mengakomodasi setiap gagasan yang ada.
( suci fitriani)
2.Menurut anda mengapa seorang pemimpin penting menerapkan lmodel dan gaya
kepemimpinan? Dalam sebuah organisasi, pemimpin sangat dibutuhkan untuk mengarahkan anggota-anggotanya dalam menjalankan organisasi agar mencapai tujuan yang diharapkan. Pemimpin tidak akan mampu mengendaliakan para anggota – anggotanya kalau dia tidak memiliki gaya kepimpinan yang baik . Jadi betapa pentingnya gaya kepimpinan itu.
( aditya syatir)
3. Berikan penjelasan syarat-sayarat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam memilih model dan gaya kepemimpinan? ( akmal maulana ) Terry menyebutkan adanya 8 buah syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin yang baik, yaitu memiliki:
1. Kekuatan atau energi
Seorang pemimpin harus memiliki kekuatan lahiriah dan rokhaniah sehingga mampu bekerja keras dan banyak berfikir untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
2. Penguasaan emosional
Seorang pemimpin harus dapat menguasai perasaannya dan tidak mudah marah dan putus asa.
3. Pengetahuan mengenai hubungan kemanusiaan
Seorang pemimpin harus dapat mengadakan hubungan yang manusiawi dengan bawahannya dan orang-orang lain, sehingga mudah mendapatkan bantuan dalam setiap kesulitan yang dihadapinya.
4. Motivasi dan dorongan pribadi, yang akan mampu menimbulkan semangat, gairah, dan ketekunan dalam bekerja.
5. Kecakapan berkomunikasi: kemampuan menyampaikan ide, pendapat serta keinginan dengan baik kepada orang lain, serta dapat dengan mudah mengambil intisari pembicaraan.
6. Kecakapan mengajar pemimpin yang baik adalah guru yang mampu mengajar dan memberikan teladan dan petunjuk-petunjuk, menerangkan yang belum dengan gambaran jelas serta memperbaiki yang salah.
7. Kecakapan bergaul: dapat mengetahui sifat dan watak orang lain melalui pergaulan agar dengan mudah dapat memperoleh kesetiaan dan kepercayaan. Sebaiknya bawahan juga bersedia bekerja dengan senang hati dan sukarela untuk mencapai tujuan.
8. Kemampuan teknis kepemimpinan:mengetahui azas dan tujuan organisasi. Mampu merencanakan, mengorganisasi, mendelegasikan wewenang, mengambil keputusan, mengawasi, dan lain-lain untuk tercapainya tujuan. Seorang pemimpin harus menguasai baik kemampuan managerial maupun kemampuan teknis dalam bidang usaha yang dipimpinnya.
4. Bagaimana pendapat anda tentang pemimpi otoriter berikan contoh dan penjelasanya? ( sandi)
Dalam tipe ini, pemimpin bertindak diktaktor pada bawahannya. Cenderung melakukan pemaksaan dalam menggerakkan kelompoknya. Disini kewajiban dari bawahan adalah untuk mengikuti dan menjalankan perintah. Tak boleh ada saran dan bantahan dari bawahan. Mereka diharuskan patuh dan setia secara mutlak kepada pemimpinnya. Kendali penuh ada pada pemimpin (bersifat satu arah)
Contoh pemimpin diktaktor Adolf Hitler, Muammar Khadafi, Saddam Husein, Husni Mubarak dan lain-lain
Kelompok 8
Rizqoon Akbar : Apa tujuan dan manfaat analisis SWOT??
Tujuan dari analisis SWOT yaitu bertujuan untuk mendapatkan aspek terpenting dari perusahaan, organisasi maupun individu. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kekuatan, mengurangi kelemahan, menjauh dari ancaman, serta mencari atau membuat peluang.
Manfaat analisis SWOT yaitu stakeholder mampu membuat strategi agar dapat menetapkan sarana, baik saat ini maupun di masa depan. Tersedianya 4 faktor yang berhubungan dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan atau organisasi untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan.
Devi Ratna Purwati : Bagaimana cara menggunakan analisa SWOT ?
Dengan cara membuat analisis swot terlebih dahulu dengan membuat 4 komponen, Strength, weakens, Opportunity, Threats.
Afifah Choirunisa : Bagaimana hubungan analisis SWOT dengan manajemen strategi?
Btw sayang nih jawaban aku.
Jelaskan bagaimana hubungan SWOT dan manajemen Strategis!
Hubungan antara SWOT dan strategi perusahaan yaitu, Strategi perusahaan dirancang berdasarkan jalan pikiran perusahaan, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar – besarnya dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman yang diterapkan melalui pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada berdasarkan kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada.
Akmal Fakhruddin Eka Mardika: Apa tujuan utama dilakukannya analisis swot di dalam sebuah perusahaan?
Tujuan utama dari analisis SWOT adalah untuk mengotimalkan kekuatan pada perusahaan dan meminimalkan kelemahan, serta memanfaatkan peluang yang muncul dan menangatasi ancaman yang datang. Di dalam dunia bisnis, perubahan kondisi dan situasi akan sering ditemui. Perubahan-perubahan ini lah yang harus perusahaan hadapi juga sikapi dengan cara menganalisis SWOT perusahaan agar bisnis yang perusahaan jalankan dapat berjalan dan bertahan.
Komentar
Posting Komentar